Monday, March 16, 2015

Di AS, Android Lebih "Merakyat" dari iPhone

KOMPAS.com -- Sebuah penelitian menggambarkan ponsel pintar Apple iPhone cenderung digunakan oleh konsumen yang tinggal di daerah makmur di Amerika Serikat, sementara ponsel pintar berbasis Android dipakai oleh konsumen yang tinggal di bagian kota yang tidak makmur.

Perusahaan MapBox merilis peta "online" yang menunjukkan penggunaan sistem operasi ponsel pintar di suatu wilayah. Perusahaan itu menganalisis lokasi dan jenis perangkat dari sekitar 3 miliar kicauan yang terlontar di Twitter.

Ada empat sistem operasi ponsel yang dilacak dan ditandai dengan warna, yaitu merah untuk iPhone, hijau untuk Android, violet untuk BlackBerry, dan warna ungu untuk sistem operasi lainnya.

Seperti terlihat pada peta kota New York di bawah ini, jumlah pengguna iPhone terkonsentrasi di pulau Manhattan yang memiliki beberapa real estate paling mahal di dunia. Sementara pengguna Android dominan di Newark, daerah miskin di New York.

MapBox
Peta pengguna ponsel pintar di New York
Menurut data sensus penduduk di Amerika Serikat, pendapatan rata-rata warga Manhattan adalah 67.000 dollar AS (sekitar Rp 756 juta) per tahun sementara di Newark sebesar 17.000 dollar AS (sekitar Rp 191 juta) per tahun.

MapBox juga mencatat, pengguna iPhone dominan di Pantai Miami, Florida, tempat di mana orang-orang kaya pergi untuk wisata. Namun, ketika bergeser sedikit ke wilayah dekat landasan pacu pesawat, pengguna Android dominan di sana.

MapBox
Peta pengguna ponsel pintar di Pantai Miami, Florida
Penelitian ini sejatinya tak dapat menggambarkan secara pasti tentang profil pengguna iPhone dan Android, karena ia hanya melacak dari kicauan di Twitter dan tidak melacak profil pengguna ponsel pintar yang tidak memanfaatkan Twitter.

Alhasil, peta online MapBox tidak memperlihatkan jenis ponsel yang digunakan oleh penduduk China karena hanya sedikit penduduk yang menggunakan Twitter. Seperti diketahui, penduduk China lebih familiar menggunakan media sosial Weibo buatan lokal.

Selain itu, perlu dipertimbangkan pula bahwa setiap negara memiliki perbedaan tren penggunaan jenis ponsel pintar. Dari peta online yang dirilis MapBox, misalnya, terlihat ponsel Android mendominasi di kawasan Seoul, Korea Selatan. Sementara di kota-kota di kawasan Asia Tenggara, termasuk Jakarta, Kuala Lumpur, dan Manila, ponsel BlackBerry masih mendominasi.

0 comments:

Post a Comment